Selasa, 17 Desember 2019

Bertindaklah segera

Hingga ananda menginjak usia 4 tahunan mantep bener dengan keyakinan ananda  mengalami speech delay. Tapi kenyataannya ortu juga tahu kalau anaknya indra pendengaran tidak dapat menangkap suara sekeras apapun sejak lahir. Bahkan baru memakai abd menginjak usia 4 tahun.
Kasus lain, ananda tidak bisa diam barang semenitpun dalam kondisi apapun, tidak tertarik berinteraksi bahkan dengan kedua ortunya sekalipun. Sejak bayi minim kontak mata dan banyak rewel. Tapiii... Diusianya yang sudah 5 tahunan teteeep saja meyakinkan semua orang bahwa anaknya sama dengan anak-anak lain hanya belum bisa bicara dan justru dimasukkan sekolah dg keyakinan dengan berinteraksi dengan anak2 lain nanti juga akan pinter ngomong dan perilaku positif terbentuk. Dan masih banyak kasus2 lain dimana ortu memberikan informasi dan keterangan bertolak belakang dg kondisi sebenernya.

Hal seperti ini bukannya menyelesaikan permasalahan menjadi lebih baik ya ayah bunda. Justru akan memperburuk keadaan jika tidak mendapat penanganan yang benar. Salah-salah bisa makin terpuruk dan berdarah-darah ya. Karena kondisi seperti ini justru akan mudah terperangkap cara-cara instan bahkan sering diluar akal sehat. Apabila tidak objektif memandang kondisi anak serta tidak punya tujuan jelas maka di luar nanti ayah bunda akan mudah tergiur dengn tukang obat dan suplemen ajaib, akan ketemu tukang terapi original sedang diluar itu abal-abal, akan ketemu penyembuh segala macam keluhan.
Dan tukang-tukang serba bisa lainnya. So, mulai hari ini segera tentukan tujuan dan target yg jelas buat perkembangan optimal ananda ya.
Tidak ada kata terlambat dalam usaha

0 komentar:

Posting Komentar

Ą