Rabu, 25 September 2013

Sekolah Inklusi Ramah Untuk Semua


Sekolah Inklusi rasanya sudah tidak asing kita mendengarnya. Tapi apa iya Inklusi yang ada sekarang sudah sesuai dengan yang diharapkan?

Sudah bukan rahasia lagi memiliki anak berkebutuhan khusus akan menghadapi kesulitan tersendiri saat mencari sekolah buat putra putri tercinta. Setelah keluar masuk dari satu sekolah ke sekolah lain dan mengikuti program trial ke beberapa sekolah hingga akhirnya memutuskan untuk masuk ke sebuah sekolah yang cocok sesuai penjelasan dan trial yang sudah di ikuti anak ternyata sering ditemui para orang tua yang merasa salah pilih, sekolah yang di harapkan bisa membantu perkembangan anaknya yang berkebutuhan khusus ternyata jauh dari harapan. SDM yang tidak faham sama sekali tentang keunikan dan penanganan anak-anak ABK, pandangan aneh dari orang tua anak-anak lain membuat tekanan tersendiri buat anak dengan kebutuhan khusus terlebih bagi orang tua anak hingga dalam hitungan minggu orang tua memutuskan mengeluarkan anak tersebut dari sekolah.

Tentu itu tidak perlu terjadi jika sebelum memasukkan anak-anak spesial ke sebuah Sekolah kita sudah mengenal betul calon Sekolah pilihan, bagaimana kualitas guru-guru dan semua fihak yanag terlibat dalam lingkungan sekolah tersebut tentu tidak kalah penting seberapa besar kepedulian & pemahaman mereka terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Jangan sampai kita baru mengetahui ketidaksiapan sekolah setelah anak kita lama di situ. Jadi jauh-jauh sebelum anak spesial kita masuk jenjang sekolah yuk kita mencari dan mengenal sebanyak banyaknya sekolah inklusi yang mampu membuat anak-anak berkebutuhan khusus kita tumbuh dan berkembang bersama-sama anak-anak lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Ą