Kamis, 11 Juli 2013

Tumbuh Kembang Anak Berbeda Satu Dan Lainnya



Seorang bunda memang kerap membandingkan bayinya dengan bayi lain. Bila bunda itu memiliki bayi kembar, pasti akan semakin semangat membandingkan bayi-bayi kembarnya. Mana yang lebih cepat jalan? Kenapa pertumbuhan gigi mereka tak sama? Mengapa adiknya lebih lancar ngomong dibanding kakaknya? Dan sebagainya. 

Setiap anak berbeda. Perlu diketahui, tidak ada bayi yang sama di dunia meski pun mereka anak kembar.  Pasti ada perbedaan dalam pencapaian milestone seorang anak, baik itu motorik, kognitif bahasa, dan emosional. Ada anak yang lebih cepat mencapai kemampuan motorik, ada juga yang kemampuan kognitifnya lebih dulu berkembang. Selama anak masih dalam rentang batas normal dalam tahapan pertumbuhannya, sebenarnya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. 

Jangan membandingkan! Khusus bagi anak kembar, sebaiknya Anda tidak membandingnya pencapaian mereka  dengan bayi lain, karena kebanyakan bayi kembar lahir prematur. Milestone bayi prematur tidak bisa disamakan dengan bayi yang lahir cukup umur. Untuk bayi prematur, perlu ada “penyesuaian umur”, misalnya, bila bayi lahir cukup umur sudah bisa duduk usia 4-7 bulan, bayi prematur baru diharapkan bisa duduk usia 6-9 bulan. Penting bagi orang tua untuk terus memberi stimulasi guna mengasah capaian tumbuh kembang anak. (me)

dr.Kriston.Silitonga, Sp.A, RS.Hermina Depok

sumber : www.ayahbunda.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Ą