Senin, 15 Juli 2013

PERKEMBANGAN BICARA ANAK



PERKEMBANGAN BICARA ANAK
       Usia
           Yang menunjang perkembangan bicara anak
          yang menghambat perkembangan bicara anak
6-12 bulan

Selain ASI eksklusif, sebaiknya pada bulan keempat anda sudah mulai memberikan bayi jus yang anda sendiri untuk mengaktifkan alat kecapnya.saat ini anda sudah dapat mulai mengajak bayi anda bercakap cakap tentang apa yg sedang anda lakukan pada dirinya,gunakan insting anda saat anda bicara dengan bayi anda.setiap kata harus jelas,gunakan kata-kata yang mudah diserap bayi anda.
    Terlalu lama dan terlalu keras menyalakan music dan TV,apalagi saat anda ingin bercakap- cakap dengan bayi anda.Ruangan yang jauh dari kenangan.stimulasi yang terlalu banyak ragamnya tanapa bercakap –cakap dengan bayio akan membuat’’jendela bicara’’pada otak bayi anda tidak berbuka ,karena itu hindari
tempat yang terlalu rebut.
12-18 bulan
Perbanyak komunikasi dengan putra anda.pada usia ini anak boleh diajak bicara yang lebih terarah ke lingkungan keluarga.arahkan ke pembicaraan sehari-hari sambil menantikan respons anak.
      Bagi orang tua yang terlalu menuntut dan kurang menghargai apa yang disampaikan oleh anak. Terlalu banyak mengoreksi  kata-kata yang disampaikan anak, membuat anak menjadi malas untuk berucap.
24 bulan
Berikan makanan yang harus dikunyah untuk mengendalikan lidah karena ini sangat berhubungan dengan perkembangan motorik halus. Pada otak letak area ketrampilan sama dengan area berbicara. Agar anak bisa mengerti, mereka harus diperbolehkan untuk mengaduk-aduk bubur, beras, pasir, tanah, bermain puzzle, meronce. Disamping itu main ayunan bisa melemaskan lidah, ini karena pusat bicara sangat tergantung dengan pusat system vestibular (keseimbangan tubuh)
Orang tua yang selalu membanding-bandingkan kemampuan anak anda dan anak lain yang sebayanya. Tidak menghargai dengan melecehkan anak dan mematikan semangat anak untuk mengungkapkan apa yang dia pikirkan, dari pada diajak ber-“duel”-bicara.
3 tahun dan selanjutnya
Anak mulai mampu berbicara dua arah. Orang tua diimbau untuk sering menjelaskan semua hal yang ingin diketahui anak. Disini peran ayah sangat dibutuhkan karena ayah lebih mempunyai bakat menjelaskan dibandingkan ibunya.
Selalu mengoreksi apa yang dikatakan anak. Membuat anak akan malas berbicara. Berbicara pada usia ini sudah erat berhubungan dengan perasaannya. Usia ini anak sudah sangat mengharapkan respons dengan penuh kasih saying dan sudah mulai ingin belajar sesuatu.

0 komentar:

Posting Komentar

Ą